Saturday, September 7, 2013

Tutorial Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector


Tutorial Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

 

http://dienzsoft.blogspot.com/

Met pagi sobat, pada kesempatan pagi ini saya akan Share Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector. Hard disk merupakan salahsatu komponen dalam CPU yang sangat mempunyai peran penting agar komputer dapat bekerja dengan baik. Fungsi harddisk sendiri adalah sebagai tempat menyimpan data-data yang ada dalam komputer dengan kapasitas yang pada umumnya besar (tergantung harddisk). Komputer atau laptop tidak akan berfungsi secara total jika harddisk bad sector yang parah sehingga tidak berfungsi dengan baik. Sistem tidak akan beroperasi dengan semestinya sehingga Anda akan memiliki masalah dengan komputer Anda yaitu komputer tidak akan berjalan dengan normal atau dapat dikatakan rusak.
Gambar Ilustrasi Hardisk
Sebenarnya dari sekian banyak gejala hardisk rusak dan penyebab kerusakan kerusakan harddisk dapat dihindari jika anda tahu langkah untuk mencegahnya. Perlu anda ketahui apa saja kerusakan tersebut:
  • Mematikan komputer tidak secara normal. Mematikan komputer seharusnya melalui tombol Shut down sesuai dengan Standar Oprasional Procedure, kesalahan bagi pengguna pemula sering mematikan komputer langsung mencabut kabel power atau tombol power on-off, padahal hal ini tidak sesuai dengan pedoman mematikan komputer. Sering melakukan hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada hardisk.
  • Seringnya komputer mati tiba-tiba saat beroperasi, untuk daerah-daerah tertentu kejadian listrik padam masih sering terjadi. Jangankan luar Jawa di Jawa sendiri seringkali terjadi pemadaman lampu yang tentunya akan berakibat kurang baik untuk hardisk komputer kita.
  • Tidak Melakukan Harddisk Partition atau mempartisi hardisk, sehingga tumpukkan file-file lama dan baru sering tidak teratur, ibaratnya rumah semua perabotan berantakan tidak pada mestinya, begitu juga kinerja harddisk akan menurun, yang mengakibatkan proses loading menjadi lemot.
  • Banyaknya virus yang menyerang komputer, kerusakan penyebab dari virus tidak hanya merusak data saja, bila dibiarkan virus-virus tersebut dapat merusak sistem operasi akibatnya komputer sering hang dan restart dan otomatis dengan seringnya komputer mati sendiri maka hardisk akan cepat mengalami kerusakan.
  • Fisik harddisk yang sudah tua perlu diganti, harddisk yang sudah melewati 5 tahun dengan pemakaian tinggi sudah terbilang udzur dan perlu peremajaan, Biasanya harddisk tua bermasalah pada sectornya.
  • Tegangan yang overload, Penggunaan tegangan yang normal dari power supply yang baik turut serta memperpanjang usia agar terhindar dari harddisk bad sector.
  • Human error, kelalaian manusia masih sering saja terjadi dan tentunya kita harus lebih berhati-hati dalam mengoperasikan komputer kita dan tentunya kita juga harus merawat komputer kita tersebut.
  • Bencana alam, saat terjadi bencana alam komputer tertimpa benda keras, besar kemungkinan harddisk yang lemah akan rusak.
  • Terjatuh atau tergoncang dengan keras, saat anda melepas harddisk keluar dari casing CPU pastikan anda tidak menaruh dan meletakkannya secara sembarangan. Jangan sampai harddisk terjatuh atau terguncang dengan keras.
  • Medan elektromagnetik, Hindari area bermedan magnet tinggi seperti Speaker aktif, Ponsel, Magnet , dan lain sebagainya. Induksi kuat dari magnet penyebab hilangnya data anda secara permanen.
Lalu bagaimana cara memperbaiki harddisk bad sector ini? cara memperbaikinya bisa Anda perbaiki dari segi softwarenya seperti yang tertera dibawah ini :
Terdapat beberapa tools aplikasi yang dapat kita gunakan untuk memperbaiki kondisi hardisk yang mengalami bad sektor secara software diantaranya sebagai berikut:

Perbaikan Hardisk Rusak

Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan HDD Low Level Format Tool

Progam Low level Format adalah utility yang berfungsi untuk menghapus seluruh informasi baik partisi, data didalam hardisk serta informasi bad sektor. Setelah menjalankan low level format maka kondisi hardisk akan benar-benar bersih seperti kondisi pertama kali digunakan. Jadi sebelumnya  pastikan data yang diperlukan di-backup terlebih dahulu. Melihat fungsinya itu, maka selain digunakan untuk memperbaiki bad sektor, tool low level format bisa kita gunakan untuk membersihkan data-data yang sangat pribadi atau rahasia secara permanen.
Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan HDD Low Level Format Tool:
  1. Download program HDD Low Level Format
  2. Install dan jalankan program HDD Low Level Format tools sehingga muncul tampilan seperti dibawah :
  3. Pilih hardisk yang akan di-format, kemudian klik Continue..
  4. Klik tab LOW-LEVEL FORMAT, klik FORMAT THIS DEVICE
  5. Tunggu sampai selesai, dan biasanya prosesnya akan memakan waktu cukup lama jadi luangkanlah waktu yang cukup.
Selain untuk hardisk (SATA, IDE atau SCSI), HDD Low Level Format Tool bisa juga untuk memformat Flashdisk, Flash Card dan sejenisnya.
Memperbaiki Hardisk Bad Sector dengan Bad Block Recovery Softwares dari Vendor Hardisk
Beberapa vendor hardisk mengeluarkan software / tool diagnostic untuk melakukan analisa dan maintenance hardisk, diantaranya adalah :
1. Fujitsu IDE Low level Format Utility
Software untuk memperbaiki hardisk bad sektor dari Fujitsu.
2. Seagate’s Seatools for Windows dan Seagate’s Seatools for DOS
Diagnostic Tools dari Seagate yang dapat digunakan untuk hardisk merek Seagate, Maxtor ataupun hardisk dari vendor lain.
3. Western Digital Data Lifeguard Diagnostics
Merupakan aplikasi yang digunakan untuk maintenance dan repair hardisk, khusus untuk Hardisk dari Western Digital.

No comments:

Post a Comment